Thumb

Sejarah FTIK

Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan (FTIK) berada dibawah naungan Institut Agama Islam Yasni Bungo, berdiri seiring dengan perubahan alih status Sekolah Agama Islam (STAI) Yasni Bungo menjadi Institut Agama Islam (IAI) Yasni Bungo berdasarkan SK Menteri Agama RI Nomor : 450 Tahun 2019 tanggal 22 Mei 2019, dan dengan sebutan nama Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan (FTIK) yang membidangi disiplin keilmuan tentang kajian bidang pendidikan dan ilmu keguruan.
Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan (FTIK) setelah resmi ditetapkan melalui SK Nomor : 450 Tahun 2019 tanggal 22 Mei 2019 memiliki Program Studi dan sudah terakreditasi oleh BAN-PT yakni : Program Studi Pendidikan Agama Islam (PAI) terakreditasi B pada tahun 2016, Prodi Pendidikan Guru Madrasyah Ibtidaiyah (PGMI/SD) terakreditasi B pada tahun 2020, Program Studi Pendidikan Islam Anak Usia Dini (PIAUD)terakreditasi B pada tahun 2020, dan Prodi Tadris Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) terakreditasi B, Namun di balik capaian-capaian yang telah diraih dan berbagai perkembangan yang sangat pesat kemajuannya, dan harus diakui bahwa secara substantif masih banyak program-program yang harus dikembangkan dalam upaya penguatan, kelembagaan dan pengembangan dan inovasi Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan IAI Yasni Bungo ke depan lebih lebih baik dan unggul. Jika kita lihat saat ini secara nasional, kompetensi guru masih dipertanyakan, rendahnya mutu pendidikan di tanah air banyak dikaitkan oleh berbagai kalangan dengan rendahnya kualitas guru. Hal ini tentu erat kaitannya dengan keberadaan Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan (FTIK) sebagai institusi penyelenggara tenaga pendidikan dan keguruan yang harus mampu melulusan atau melahirkan Sarjana Pendidikan Islam yang handal, Profesional, Berkarakter Islami, Unggul dan berdaya saing di bidang ilmu pendidikan dan keguruan.
Dibalik capaian yang telah diraih dan berbagai perkembangan yang sangat pesat kemajuannya harus diakui bahwa secara substantif masih banyak program-program yang harus dikembangkan dalam upaya penguatan, kelembagaan dan pengembangan dan  inovasi FTIK  IAI Yasni Bungo. Hal ini tentu erat kaitannya dengan keberadaan FTIK sebagai institusi penyelenggara pendidikan yang harus mampu melahirkan Sarjana Sosial yang handal, Profesional, Berkarakter Islami, Unggul dan berdaya saing  dibidang ilmu Pendidikan dan keguruan.
 Prodi yang berada di FTIK, Hadirnya Prodi di FTIK ini relevan dengan perkembangan kurikulum pendidikan. Kebijakan penetapan kurikulum mengacu KKNI dan OBE dengan tuntutan semua lembaga pendidikan harus mampu melahirkan outcom yang menguasai berbagai skills termasuk skill penguasaan di bidang Pendidikan dan keguruan serta perkembangan sain dan teknologi. Hal ini dapat dibuktikan dengan data survey jumlah tenaga pendidik dan kependidikan, dan tenaga ahli yang masih membutuhkan peningkatan mutu pendidikan.